Kemarin saya pinjam CD Film “Sang Murabbi” dari teman. Sayangnya CD tersebut diproteksi sehingga tidak dapat dicopy ke komputer. Memang di cover CD tertulis: Film ini hanya dapat diputar di DVD/VCD Player. Lah saya kan cuman punya komputer, gak punya DVD/VCD Player. Saya coba mainkan baik di DVD RW maupun CD ROM, tetap tidak bisa.

CD yang diproteksi tersebut agak aneh. Kapasitas yang ditunjukkan 0 KB. Free space juga 0 KB. Saya yakin pasti ada file yang disembunyikan. Tapi saya belum mengetahui apakah ini keping DVD atau keping CD. ya itu karena kapsitasnya 0 KB. Saya coba pake attrib di command prompt..ternyata gak jalan.

Kemudian saya mencoba menggandakan di virtual CD, masih tetap gagal. Saya coba lagi menggandakan dengan CD Clone. Wah ternyata proteksinya bisa ditembus dengan Clone CD. Tapi hasil burningnya masih sama persis dengan CD aslinya, yakni berkapasitas 0 KB dan sama sekali tidak bisa dibuka di komputer. Wah ini konvensional banget nih..masak harus beli CD/DVD player.

Saya coba buka-buka file temporary. Biasanya setiap kita memburning CD, file-file sementara masih disimpan di folder temporary. Ketemu! Ada file .img sebesar 530-an KB. Segera saya burning file tersebut. Apa yang terjadi? ternyata hasil burningnya masih menunjukkan kapasitas dan free space 0 KB. Padahal kapasitas CD sebelum di burning 0 KB dan free spacenya 700 MB.
Terakhir saya gunakan CD/DVD recovery. Pilihan jatuh pada IsoBuster, karena setelah googling saya mendapat informasi bahwa IsoBuster mampu mengcopy CD yang terproteksi. Langsung saja saya download IsoBuster versi terakhir (v2.4, trial 21 hari) dan menginstallnya di komputer. Hasilnya? dengan mudah saya bisa mengcopy filenya ke komputer. Terakhir saya tahu, bahwa keping CD Film Sang Murabbi ini bukan DVD, melainkan CD biasa!

Berikut langkah-langkah cara mengcopy CD yang diproteksi ke komputer:

1. Install IsoBuster. Toolsnya cari di google, pasti dapat. Masukkan CD dan Buka program IsoBuster.

2. Biasanya ada beberapa pilihan track dan Sesion. Pilih saah satu track yang ada isi filenya. Track dengan kapasitas 0 KB hanyalah manipulasi. Perhatikan gambar di bawah ini: Pilih track 02. nah di dalam track 02 masih ada track lagi. Pilih lagi Track 02, kerena mempunyai kapasitas yang rasional:476 MB. Dari sini kelihatan kalo ini CD ini berisi file MPG biasa, bukan file berformat AVI.

Klik Kanan Track02 Seperti gambar di bawah ini. Pilih Extract Track 02.

Sekarang pilih Treat as Video ONLY, Extract but FILTER Only M2F2 MPEG video frames (*.mpg)

Muncul window browse untuk menenetukan di mana kita akan menyimpan file tersebut (gak ada screenshoot), pasti udah paham.

Tunggu prosesnya..gak lama kok, sekitar 1menit.

Kalo dah selesai, klik Finish.

Nah, sekarang video hasil copyan sudah bisa ditonton di komputer :)

Posted in | | 2 Comments »

One Responses to "Cara Membongkar Proteksi Audio CD"

  1. A'a Kah says:

    mantab bos tanks ya bakal proyek sekolah ni...........

  1. herianto says:

    benar2 mantap boss..
    gw udah cari berjam2 blum dapat solusinya,, akhirnya ketemu page ni.. baru dapat solusinya..
    thnkss bgt...
    ditunggu post2 yang selanjutnya

Write a comment

Test Widget

Shamz Unity's Facebook profile