Komputer teman-teman sering mengalami hand/crash karena ada aplikasi yang berjalan tidak stabil. Memang, cara yang paling ampuh mengatasinya adalah dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del untuk menampilkan Task Manager dan kemudian menghentikan aplikasi yang not responding tersebut. Namun permasalahnnya aplikasi Task Manager terkadang cukup lama merespon perintah kita untuk mematikan (kill) aplikasi yang error tersebut.

Sebagai alternatif pengganti Task Manager, Microsoft juga menyediakan aplikasi Process Explorer. Aplikasi ini bisa membantu kita menghentikan (kill) aplikasi secara cepat dan tepat. Selain itu, aplikasi gratis ini juga bisa memonitor aplikasi-aplikasi lain sehingga kita bisa mengetahui apakah ada aplikasi yang mencurihakan di komputer kita dan kita bisa langsung mencari tahu tentang aplikasi tersebut melalui search engine langsung dari aplikasi tersebut.


Klik di sini untuk mendownload Process Explorer (1,6mb)
Extract, dan buka foldernya dan jalankan file PROCEXP.EXE
Klik menu Option dan beri tanda checklist Replace Task Manager, Always On Top, Allow Only One Instance, maka aplikasi Process Explorer ini akan otomatis menggantikan Task Manager sehingga bisa dijalankan hanya dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del.
Untuk menghentikan (terminate) aplikasi yang error, klik nama aplikasi yang ingin dihentikan kemudian tekan Delete (del) pada keyboard dan klik Yes untuk konfirmasi, maka aplikasi tersebut akan langsung di-kill tanpa peringatan error (don't send) seperti pada Task Manager.

Untuk menutup Process Explorer, selain bisa di klik lambang [x] pada pojok kanan atas, kamu juga bisa langsung menutup dengan menekan tombol Escape (Esc).


Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Mengatasi Komputer Hang / Crash Secepat Kilat"

Write a comment

Test Widget

Shamz Unity's Facebook profile