BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG

Praktek Kerja Industri merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi para siswa, yang memadukan antara pendidikan di Sekolah dengan pendidikan di Dunia Industri yang diperoleh dengan melakukan praktek kerja secara langsung dan terarah untuk menambah keahlian tertentu. Tujuan utama pendidikan kejuruan adalah mempersiapkan lulusan untuk dapat bekerja secara mandiri.

Dalam pelaksanaan praktek ini, praktikan menempatkan diri di instansi PPPPTK/VEDC Malang selama 5 bulan.


1.2 TUJUAN
a. Tujuan Umum

a. Penyelenggaraan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
b. Memperkokoh “ link dan match” antara sekolah dengan dunia kerja.
c. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga ketja berkualitas profesional.
d. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

b. Tujuan Khusus
a. Mempersiapkan para siswa untuk belajar secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan dan kreatifitas sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.
b. Meningkatkan status dan kepribadian siswa, sehingga mereka mampu berinteraksi, berkomunikasi dan memiliki rasa tanggung jawab serta disiplin yang tinggi.
c. Memberi kesempatan dan garansi bagi para siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga kerja trampil dan produktif berdasarkan pengakuan standar profesi.




c. Tujuan Penyusunan Laporan

Setelah melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), para siswa diwajibkan menyusun laporan. Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil kegiatan selama PRAKERIN. Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara lain adalah :

a. Untuk mengetahui perkebangan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Industri.
b. Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan Sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan PRAKERIN.
c. Menambah perbendaharaan perpustakaan Sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
d. Sebagai latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
e. Sebagai bukti bahwa siswa telah melakukan praktek yang di lakukan di DU/DI (Dunia Industri).
f. Sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional. Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mngikuti praktek di dunia usaha/industri.








Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Contoh PendahuluAn"

Write a comment

Test Widget

Shamz Unity's Facebook profile