Sesuai dengan yang dijanjikan, Windows 7 memang banyak menawarkan kustomisasi, dan salah satunya adalah adanya fasilitas untuk mengganti tampilan LogonUI tanpa menggunakan tools lain ataupun melakukan hacking pada file system Windows.

Caranya sangat mudah, pertama-tama tentunya menyiapkan gambar untuk tampilan LogonUI tersebut. Tampilan bisa dibuat dengan software apapun, asalkan formatnya adalah JPG dengan besar file maksimum 256 KB. Dan agar gambar terlihat bagus, sesuaikan dengan resolusi layar yang kita gunakan. Jadi jika resolusi yang kita gunakan adalah 1280x800 maka buat gambar dengan ukuran 1280x800 juga.

Setelah itu kita harus bermain-main dengan registry sejenak.
Masuk ke Registry Editor (Run > Regedit) lalu cari key berikut ini:

HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Authentication\LogonUI\Background

Buat sebuah entri DWORD baru dengan nama: OEMBackground lalu beri nilai 1.

Langkah terakhir adalah menyalin file gambar yang telah kita buat kedalam folder berikut ini:

%windir%\system32\oobe\info\backgrounds\

Jika folder tersebut tidak ditemukan, kita tinggal membuatnya terlebih dahulu. Dengan demikian file gambar yang kita buat tadi tentunya berada didalam folder background.

Dan proses kustomisasi LogonUI kita sudah selesai, berikutnya tinggal kita periksa hasilnya. Cara yang tercepat untuk memeriksanya cukup dengan mengunci desktop Windows kita menggunakan tombol shortcut Windows + L.

Contoh hasilnya seperti berikut ini :D

image

Sampai sini kita bisa melihat bahwa begitu mudahnya proses yang dilakukan untuk mengganti tampilan LogonUI pada Windows 7. Pada Windows Vista ataupun Windows XP kita pun dapat melakukan hal yang sama, namun untuk itu dibutuhkan tools lain. Dan pada Windows 7 ini kita sama sekali tidak menggunakan tools apapun.

Catatan:

  • Proses ini dilakukan pada Windows 7 Beta build 7000 yang beberapa waktu lalu tersedia untuk didownload secara gratis di situs Microsoft.
  • Untuk melakukan kustomisasi ini, dibutuhkan hak akses Administrator.

Demikian dan mudah-mudahan ada gunanya.. :-)

Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Mudahnya Merubah Tampilan “LogonUI” pada Windows 7"

Write a comment

Test Widget

Shamz Unity's Facebook profile