Anda memakai windows Vista? Jika ya tentunya Anda sering mengalami bahwa Vista proses shutdownnya memakan waktu forever. Anehnya beberapa teman saya malah sudah terbiasa dengan proses shutdown yang lama itu dan mengganggapnya bukan sebagai masalah. Ceritanya beberapa teman minta tolong perbaiki laptopnya (Vista) yang tidak bisa start up normally, hanya bisa start up di safe mode.

Dalam memperbaikinya saya harus merestart laptop itu beberapa kali. Pertama restart saya heran plus kesalnya minta ampun karena Vista shutdownnya memakan waktu lama banget. Saya tidak anti Vista ya tapi terus terang saya tidak fans banget dengan Vista. In fact, Vistalah satu2nya menjadi alasan kenapa saya tidak pernah ingin lagi membeli laptop baru karena yang XP sudah hampir punah.

Hasil googling menunjukkan ternyata secara default proses shutdown Vista itu diset selama 20 detik. Bisa kebayang ga berapa lama 20 detik itu? Waktu selama itu saya bisa restart beberapa kali Mac saya. Cara mempercepat proses shutdown Vista adalah melalui system registry-nya. Buka ‘Run’ lalu ketik regedit. Saat Registry Editor sudah terbuka, klik pada HKEY_LOCAL_MACHINE, lalu pilih SYSTEM dan selanjutnya klik pada Current Control Set. Langkah berikutnya adalah memilih tab Control. Pada point ini lihat disebelah kanan tab khususnya pada point WaitToKillServiceTimeOut yang terjemahan kasarnya mungkin berarti kira2 ‘waktu yg diperlukan untuk shutdown’. Secara default di set 20000 miliseconds alias 20 detik. Rubahlah angka itu menjadi 5000 alias 5 detik. Menurut google, itu sudah maksimal. Bisa diset ke 3000 misalnya tapi tanggung resiko sendiri. 5000 kayaknya yang banyak digunakan dan diterima secara umum. Selamat mencoba!

Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Mempercepat Proses Shutdown Vista"

Write a comment

Test Widget

Shamz Unity's Facebook profile