Linux LiveCD Grml asal Austria menerbitkan versi 2008.11 dengan nama kode beruang Schluchtenscheisse. Para Sistem Administrator dan pecinta konsol Linux (command-line) sudah sejak lama menghargai distro grml sebagai alat yang praktis untuk di bawa-bawa, berkat tersedianya berbagai driver untuk banyak jaringan dan kartu Wi-Fi. Grml 2008.11 dapat dijalankan dan tersedia baik untuk komputer dengan prosesor 32-bit maupun 64-bit.

Pengembang Grml mengelola banyak skrip termasuk setup file, seperti misalnya untuk zsh atau konfigurasi jaringan yang meringankan hidup pengguna dan sysadmin saat misalnya menerapkannya di Debian GNU/Linux unstable.






Versi Grml 2008.11 ini memasang kernel Linux vanili (Vanilla-Linux-Kernel) 2.6.26.8 dengan sejumlah patch dan modul yang telah ditingkatkan. Kernel ini sekarang menggunakan driver libata, yang mengakses hardsk melalui perangkat /dev/sdX. Sejumlah paket diganti dengan versi terkini dan menambahkannya beberapa yang baru seperti misalnya pemantau energi Powertop dan penampil latensi terhadap Latencytop.

Lebih rincian tentang perubahan versi baru ini dapat ditemukan di daftar ChangeLog.
Tentang Grml:

Grml menggunakan desktop Flxbox, menyediakan lebih dari 2500 paket perangkat lunak, termasuk stuff perpustakaan tetap lebih dari 1.700 paket. Tidak ada KDE atau OpenOffice, namun ia menyediakan lebih dari 800 paket yang misalnya tidak dijumpai di distro Knoppix. Anda akan menemukan peralatan sysadmin favorit, dan software yang terkai dengan keamanan-jaringan, pemulihan data termasuk alat forensik, LaTeX, banyak editor, shells, dan tentu saja banyak texttools.

Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "GRML Linux untuk SysAdmin"

Write a comment

Test Widget

Shamz Unity's Facebook profile