Komunitas "Apache HTTP Server" merajakan hari jadi mesin penggerak server web yang paling berpengaruh terhadap kontribusi pesatnya perkembangan www (World Wide Web) dan internet sampai saat ini. Pada tanggal 23 Pebruari 1994 lima belas tahun yang lampau, proyek Apache diawali dengan terbentuknya milis "new-httpd" yang dicanangkan untuk mendiskusikan pengembangan dan masa depan dari server NSCA (National Center for Supercomputing Applications) yang ada di University of Illinois.





Inisiatif komunitas webmaster untuk memulai membangun Fork perbaikan terhadap NSCA-server dilakukan setelah Rob McCool yang pada saat itu bertanggung jawab terhadap pembangunan "NSCA-HTTPd" meninggalkan NSCA. Anggota tim perdana dari proyek penerus yang diberi nama Apache Group adalah Brian Behlendorf, Roy Fielding, Rob Hartill, David Robinson, Cliff Skolnick, Randy Terbush, Robert Thau dan Andrew Wilson.

Sebagai basis pengembangan digunakan versi 1.3 dari NCSA-httpd-Server, adn tim baru ini tak lama kemudian menerbitkan Apache 0.6.2 pada bulan April 1995. Di bulan Desember pada tahun yang sama berhasil membuahkan versi final pertama Apache 1.0 dari webserver yang telah dikenal piawai sampai saat ini. Sekitar setengah tahun berikutnya Apache yang bermula dari NSCA-Server itu telah meraih peringkat nomor satu dunia. Pada tahun 2001 berhasil meraup pangsa pasar dunia sekitar 60 persen kemudian meningkat menjadi menjadi 70 persen dari di akhir tahun 2005.

Apache merupakan web server layak yang pertama sebagai alternatif terhadap web server komersil dari Netscape Communications Corporation (setelah diakuisisi menjadi Sun Java System Web Server), dan sejak keberadaannya merupakan saingan nomor satu diantara sesama web server turunan unix dalam hal fungsionalitas, fitur dan kinerja. Dari berbagai sumber dapat diklaim bahwa kebanyakan server web Apache dijalankan diatas Sistem Operasi Linux.

Apache dikembangkan oleh komunitas terbuka dibawah naungan Apache Software Foundation. Kecuali di Linux, Apache juga digunakan di beragam sistem operasi termasuk Unix, GNU, FreeBSD, Solaris, Novell NetWare, Mac OS X, Microsoft Windows, OS/2, TPF, dan eComStation.

Peranti lunak bebas dan Open Source berlisensi Apache License dan ditulis dengan bahasa pemrograman C ini sekarang bernaung dibawah yayasan Apache Software Foundation (ASF). ASF merupakan tindak lanjut dar Apache Group (1999) dan saat ini telah mematungi sekitar 140 proyek open source, sementara Apache Server telah menjadi mesin penggerak lebih dari 110 juta Websites di jagad raya ini. Berdasarkan angka statistik dan pemantauan "Web Server Survey" yang yang dilakukan Netcraft , Apache saat ini masih memimpin dunia web dengan pangsa sebesar 54,5 persen.

Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "apache 15 tahun server HTTP"

Write a comment

Test Widget

Shamz Unity's Facebook profile